Kamus Otomotif untuk Pemula: Lengkap & Mudah Dipahami

kamus otomotif

Buat kamu yang baru terjun ke dunia otomotif, entah itu mau belajar jadi mekanik, buka bengkel, atau sekadar ingin paham saat ngobrol dengan montir, pasti pernah merasa bingung dengan istilah-istilah yang terdengar “asing” di telinga.

Misalnya, saat mekanik bilang “Busi sudah soak, harus ganti baru” atau “Transmisi CVT ini beda sama matic biasa, lho” — kalau kamu nggak familiar, pasti bingung.

Padahal, memahami istilah otomotif itu penting.

Selain memudahkan komunikasi, pengetahuan ini bikin kamu lebih percaya diri, cepat belajar, dan bisa menghindari salah paham yang berujung kerugian.

Artikel ini adalah kamus otomotif A–Z yang kami buat khusus untuk pemula, dengan bahasa sederhana dan penjelasan praktis, supaya kamu bisa langsung paham.

Mulai Serius di Dunia Otomotif?

Kalau Sobat OJC serius mau mendalami dunia otomotif, memahami istilah teknis adalah langkah awal yang penting.

Di OJC Auto Course, kamu nggak cuma belajar teori, tapi juga langsung praktik di lapangan.

Dengan instruktur berpengalaman, kamu akan cepat nyambung dengan bahasa teknisi dan dunia bengkel.

Daftar sekarang di Kursus Otomotif OJC Auto Course dan mulai kariermu dari sini!

Kamus Istilah Otomotif A–Z

IstilahArti SingkatContoh Penggunaan
ABS (Anti-lock Braking System)Sistem rem yang mencegah roda terkunci saat pengereman mendadak.“Mobil saya sudah pakai ABS, jadi aman waktu rem mendadak di jalan licin.”
Air IntakeSaluran udara menuju mesin untuk pembakaran.“Air intake kotor bikin performa mesin turun.”
AlternatorPenghasil listrik untuk mengisi aki dan sistem kelistrikan.“Alternator rusak bikin aki cepat habis.”
Ball JointSambungan suspensi antara lengan ayun dan roda.“Ball joint aus bikin kemudi bergetar.”
BoreDiameter silinder mesin.“Bore besar biasanya untuk mesin balap.”
BusiPemercik api di mesin bensin untuk membakar campuran udara dan bahan bakar.“Busi mati bikin mesin susah nyala.”
CamshaftPoros pembuka dan penutup katup mesin.“Camshaft aus bikin katup tidak sinkron.”
KarburatorAlat pencampur udara dan bahan bakar pada mesin lama.“Karburator kotor bikin bensin boros.”
CVT (Continuously Variable Transmission)Transmisi otomatis tanpa gigi tetap, perpindahan halus.“CVT nyaman untuk macet di kota.”
DifferentialMengatur putaran roda kanan dan kiri saat belok.“Differential rusak bikin ban cepat aus.”
DownpipePipa knalpot dari turbocharger ke pipa buang.“Downpipe racing bikin suara mobil lebih keras.”
DashboardPanel depan pengemudi berisi instrumen kendaraan.“Lampu indikator di dashboard menyala.”
ECU (Engine Control Unit)Otak elektronik yang mengatur mesin.“ECU bisa di-remap untuk menambah tenaga.”
EGR (Exhaust Gas Recirculation)Sistem yang mengurangi emisi dengan mengalirkan gas buang ke mesin.“EGR tersumbat bikin mesin batuk-batuk.”
Exhaust ManifoldPipa pengumpul gas buang dari mesin ke knalpot.“Exhaust manifold retak bikin suara kasar.”
Fuel InjectorPenyemprot bahan bakar ke ruang bakar.“Fuel injector mampet bikin mesin pincang.”
FlywheelPiringan penyeimbang putaran mesin.“Flywheel aus bikin gigi transmisi sulit masuk.”
FuseSekring pelindung rangkaian listrik.“Fuse putus bikin lampu mati.”
GasketPenyegel antara dua komponen.“Gasket bocor bikin oli merembes.”
Gear RatioPerbandingan putaran gigi transmisi.“Gear ratio kecil bikin akselerasi lambat.”
Ground ClearanceJarak terendah kendaraan ke tanah.“Ground clearance tinggi cocok untuk jalan jelek.”
HP (Horse Power)Satuan tenaga mesin.“Mesin ini punya tenaga 150 HP.”
Hydraulic ClutchKopling dengan sistem fluida.“Hydraulic clutch lebih ringan di kaki.”
HeadlampLampu utama kendaraan.“Headlamp mati bikin bahaya di malam hari.”
Ignition CoilPenguat tegangan untuk busi.“Ignition coil rusak bikin mesin brebet.”
IdleMesin menyala tanpa gas.“Idle tidak stabil menandakan masalah di sensor.”
IntercoolerPendingin udara masuk pada mesin turbo.“Intercooler besar bikin tenaga turbo optimal.”
Jack StandPenyangga kendaraan saat diangkat.“Gunakan jack stand demi keamanan saat servis.”
JointSambungan di suspensi atau poros penggerak.“Joint aus bikin bunyi ‘kluk-kluk’ saat belok.”
Knock SensorSensor pendeteksi ketukan mesin.“Knock sensor rusak bikin ECU salah setelan.”
Kompresor ACPemompa freon di sistem AC mobil.“AC tidak dingin karena kompresor lemah.”
Lambda SensorSensor oksigen untuk pembakaran efisien.“Lambda sensor kotor bikin bensin boros.”
LSD (Limited Slip Differential)Diferensial pembagi torsi roda.“LSD cocok untuk mobil performa tinggi.”
Lug NutBaut roda mobil.“Lug nut kendor bisa bikin roda lepas.”
Master CylinderKomponen utama sistem rem.“Rem blong karena master cylinder bocor.”
Manifold IntakeSaluran udara masuk ke mesin.“Manifold intake retak bikin mesin pincang.”
MufflerPeredam suara knalpot.“Muffler racing bikin suara mobil lebih keras.”
NeutralPosisi gigi netral.“Taruh transmisi di neutral saat berhenti lama.”
NOS (Nitrous Oxide)Gas peningkat tenaga mesin.“NOS biasa dipakai di mobil drag race.”
Needle BearingBantalan rol berbentuk jarum.“Needle bearing aus bikin bunyi di transmisi.”
OverhaulBongkar mesin total untuk servis.“Overhaul perlu jika mesin aus parah.”
Oil FilterSaringan oli.“Ganti oil filter setiap ganti oli.”
OdometerPengukur jarak tempuh kendaraan.“Odometer mobil ini sudah 150 ribu km.”
PistonKomponen bergerak dalam silinder mesin.“Piston aus bikin kompresi bocor.”
Power SteeringSistem kemudi dengan bantuan tenaga.“Power steering rusak bikin setir berat.”
PulleyRoda pengarah sabuk mesin.“Pulley longgar bikin suara berdecit.”
Quick ShifterAlat untuk pindah gigi cepat.“Quick shifter cocok untuk motor sport.”
Quarter PanelPanel bodi belakang samping.“Quarter panel penyok akibat tabrakan.”
RadiatorPendingin mesin.“Radiator bocor bikin mesin overheat.”
RPM (Revolutions Per Minute)Putaran mesin per menit.“Jangan biarkan RPM terlalu tinggi.”
RelaySakelar listrik elektromagnetik.“Relay lampu mati bikin lampu tidak nyala.”
Shock AbsorberPeredam guncangan suspensi.“Shock absorber lemah bikin mobil limbung.”
Starter MotorMotor listrik penggerak awal mesin.“Starter motor mati bikin mobil susah nyala.”
SuperchargerAlat peningkat tenaga mesin lewat udara tekan.“Supercharger bikin respon mesin instan.”
Timing BeltSabuk sinkronisasi mesin.“Timing belt putus bikin mesin rusak parah.”
TurbochargerPeningkat tenaga dengan gas buang.“Turbocharger besar bikin mesin bertenaga.”
Torsion BarPegas batang torsi suspensi.“Torsion bar cocok untuk SUV.”
Universal JointSambungan fleksibel pada poros.“Universal joint aus bikin getaran.”
UpholsteryPelapis kursi.“Upholstery kulit lebih mudah dibersihkan.”
ValveKatup pengatur aliran mesin.“Valve aus bikin kompresi bocor.”
VIN (Vehicle Identification Number)Nomor identitas kendaraan.“Cek VIN untuk mengetahui riwayat mobil.”
Vacuum HoseSelang vakum di mesin.“Vacuum hose bocor bikin idle tidak stabil.”
Water PumpPompa pendingin mesin.“Water pump lemah bikin mesin panas.”
WheelbaseJarak antara as roda depan-belakang.“Wheelbase panjang bikin kabin lega.”
Washer FluidCairan pembersih kaca.“Isi ulang washer fluid untuk wiper.”
Xenon LampLampu mobil putih terang.“Xenon lamp terang tapi boros daya.”
X-pipePipa knalpot berbentuk X.“X-pipe membantu aliran gas buang.”
Yaw SensorSensor gerakan memutar kendaraan.“Yaw sensor rusak memengaruhi kontrol stabilitas.”
YokePenghubung poros penggerak.“Yoke aus bikin getaran di driveshaft.”
Zinc CoatingLapisan seng anti karat.“Zinc coating mencegah bodi berkarat.”
ZEV (Zero Emission Vehicle)Kendaraan tanpa emisi.“Mobil listrik termasuk ZEV.”

Dunia otomotif punya “bahasanya” sendiri. Dengan memahami kamus otomotif ini, Sobat OJC bisa lebih percaya diri, cepat belajar, dan siap melangkah ke tahap berikutnya dalam dunia perbengkelan.

Kalau kamu mau belajar langsung dari mentor yang berpengalaman, gabung di Kursus Otomotif OJC Auto Course sekarang. Mulai dari nol, sampai siap kerja di industri otomotif!

Mulai Diskusi