Cara Kerja Mesin Diesel 4 Tak, Calon Mekanik Harus Paham!

cara kerja mesin diesel 4 tak

Sebagai calon mekanik mobil, memahami secara rinci cara kerja mesin diesel 4 tak menjadi kunci keberhasilan dalam dunia otomotif.

Mesin diesel 4 tak memiliki peran penting dalam menggerakkan kendaraan. Tentu saja, pemahaman mendalam terhadap prinsip-prinsip kerjanya akan memungkinkan kamu untuk melakukan perawatan dan perbaikan dengan lebih efisien.

Apalagi, saat ini lowongan kerja untuk mekanik spesialis mobil diesel mulai banyak dibutuhkan oleh berbagai bengkel besar dan ternama. Tentunya, fakta tersebut menjadi peluang, khususnya untuk kamu yang memang ingin menjadi mekanik mobil diesel.

Mempelajari bagaimana mekanisme ataupun proses pembakaran mesin diesel menjadi salah satu aspek yang perlu kamu kuasai jika ingin menjadi mekanik handal. Khususnya di bidang spesialis mobil diesel.

Artikel ini akan membahas secara detail cara kerja mesin diesel 4 tak, membuka wawasan kamu tentang komponen-komponen utama dan siklus kerja yang terlibat.

Cara Kerja Mesin Diesel 4 Tak

Mesin diesel 4 tak memiliki prinsip dasar yang mirip dengan mesin bensin. Hanya saja, ada perbedaan signifikan dalam cara pembakaran dan pengapian. Mesin diesel mengoptimalkan prinsip kompresi tinggi untuk menciptakan kondisi pembakaran udara dan bahan bakar yang optimal.

1. Komponen Utama Mesin Diesel

Ada beberapa komponen utama mesin diesel yang menjadi prioritas utama dari mekanisme kerja dari sistem mesin diesel. Antara lain sebagai berikut :

– Silinder: Mesin diesel sudah mendapat kelengkapan dengan sejumlah silinder yang menjadi tempat terjadinya pembakaran. Silinder ini memiliki piston yang bergerak naik turun, mengubah gerakan tersebut menjadi tenaga yang dapat digunakan.

– Piston: Piston berfungsi sebagai komponen yang bergerak di dalam silinder. Gerakan naik-turun piston menghasilkan perubahan volume yang perlu dan penting untuk siklus 4 tak.

– Klep: Mesin diesel sudah mendapat dukungan klep hisap dan klep buang yang mengatur aliran masuk udara segar dan keluarnya gas buang dari silinder.

– Sistem bahan bakar: Sistem ini terdiri dari injektor bahan bakar yang menyemprotkan bahan bakar ke dalam silinder pada waktu yang tepat selama siklus kerja.

– Sistem pelumasan: Pelumasan mesin diesel sangat penting mengingat tujuannya untuk mengurangi gesekan dan suhu berlebih pada komponen-komponen bergerak, seperti piston dan poros engkol.

2. Siklus Kerja Mesin Diesel 4 Tak

Kemudian, dari beberapa komponen utama mesin diesel, tentunya ada siklus kerja mesin diesel. Bagaimana mekanismenya? Berikut penjelasan lengkapnya :

– Langkah 1 – Hisap (Intake): Piston bergerak turun, menyebabkan klep hisap terbuka. Udara segar akan tersedot masuk ke dalam silinder.

– Langkah 2 – Kompresi (Compression): Piston naik dan menekan udara segar yang ada di dalam silinder, meningkatkan tekanan dan suhu secara signifikan.

– Langkah 3 – Pembakaran (Combustion): Pada puncak kompresi, injektor menyemprotkan bahan bakar diesel ke dalam silinder yang terkompres. Bahan bakar terbakar dengan cepat karena panas dan tekanan tinggi. Dengan begitu nantinya akan menghasilkan energi yang mendorong piston turun.

– Langkah 4 – Pembuangan (Exhaust): Piston naik kembali dan mendorong gas buang keluar melalui klep buang yang terbuka.

3. Kelebihan Mesin Diesel 4 Tak pada Mobil

tenaga gahar dan irit konsumsi bahan bakar, tentu menjadi salah satu di antara keunggulan dari mesin diesel. Sehingga, tak heran jika mobil diesel menjadi salah satu tipe mobil yang cukup banyak penggemarnya di Indonesia.

– Efisiensi: Mesin diesel cenderung lebih efisien dalam mengkonversi energi bahan bakar menjadi tenaga.

– Torsi: Mesin diesel memiliki torsi yang lebih tinggi pada putaran rendah, membuatnya ideal untuk penggunaan kendaraan bermuatan berat.

– Konsumsi Bahan Bakar: Mesin diesel memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih rendah dibandingkan mesin bensin dengan tenaga yang setara.

4. Perawatan dan Perbaikan Mesin Diesel

Adapun selain memahami kinerja hingga keunggulan dari mesin mobil diesel, tentu ada beberapa langkah perawatan atau pemeliharaan rutin yang perlu kamu tahu. Antara lain sebagai berikut:

– Penggantian oli secara teratur untuk menjaga kesehatan mesin dan memperpanjang umur komponen.

– Perhatikan injektor bahan bakar dan pastikan semprotannya optimal untuk pembakaran yang efisien.

– Lakukan pengecekan berkala pada sistem pelumasan dan pastikan tingkat pelumas tetap dalam batas yang direkomendasikan.

– Bersihkan filter udara secara berkala untuk memastikan aliran udara segar optimal ke dalam mesin.

Dengan memahami secara mendalam cara kerja mesin diesel 4 tak, kamu sebagai calon mekanik mobil tentu sangat berpeluang besar menjadi mekanik profesional yang lebih kompeten dan efisien.

Melibatkan diri dalam perawatan rutin dan pemahaman yang baik tentang komponen-komponen utama akan membantu kamu dalam menjaga kinerja optimal mesin diesel dan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

Ingin Tahu Lebih Dalam Materi Mesin Mobil Diesel?

Apakah kamu punya ketertarikan untuk mendalami mekanisme mobil diesel?

Atau, kamu ingin menjadi seorang mekanik mobil diesel bersertifikat yang siap kerja?

Tentu, kamu bisa menggapai tujuanmu tersebut.

Salah satu alternatifnya dengan mengikuti pelatihan mekanik mobil di OJC Auto Course.

OJC Auto Course hadir sebagai tempat kursus otomotif terpercaya yang menawarkan berbagai program pelatihan otomotif, termasuk Kelas Mobil Diesel yang bisa kamu jadikan pilihan.

Namun, jika kamu ingin memperdalam ilmu otomotif spesialis mekanik mobil secara menyeluruh maka kamu bisa mengambil Program Kursus Otomotif 1 Tahun yang menawarkan materi lengkap seputar bagaimana menjadi mekanik mobil handal dan bersertifikat.

Ingin tahu lebih dalam lagi soal program pelatihan mekanik mobil di OJC Auto Course? Jangn ragu! Hubungi Tim CS OJC Auto Course melalui tombol WA di bawah ini.