Mekanik Wajib Tahu! Ini Fungsi Scanner Mobil Injeksi

fungsi scanner mobil injeksi

Kamu yang hobi di dunia otomotid, sudah tahu fungsi scanner mobil injeksi? Penasaran bagaimana cara kerjanya?

Perlu kamu tahu, saat ini sudah mulai banyak mobil berteknologi injeksi bermunculan. Tentu, pembaruan teknologi injeksi pada mobil harus beriringan dengan update pengetahuan bagi para mekanik yang bekerja di bengkel mobil. Mengingat peran mekanik yang sangat vital dengan perannya dalam menganalisa dan memperbaiki mobil.

Tentu saja, sebagai seorang mekanik mobil modern, benar-benar harus memahami bagaimana kerja alat scanner dan cara menggunakannya.

Ringkasnya, alat scanner mobil merupakan media detector yang dibekali teknologi EFI (Electric Full Injection). Adanya alat tersebut tentu akan mempermudah mekanik mendeteksi adanya kerusakan pada mesin maupun sistem kelistrikan pada mobil secara otomatis.

Fungsi Alat Scanner Mobil

Fungsi dari scanner mobil tentu tak lepas dari tujuannya untuk mengenali posisi dan jenis kerusakan pada mobil. Lebih detailnya, scanning mobil injeksi meliputi pengecekan pada kerusakan mesin dan sistem elektronik pada mobil.

Dengan adanya scanner mobil tentu saja para mekanik mobil maupun pengguna mobil akan lebih mudah mendeteksi adanya kerusakan pada komponen mobil yang sulit untuk dijangkau.

Tentu saja, tujuan scanning mobil tersebut akan mempermudah mekanik dalam mendeteksi, menganalisa, dan menemukan posisi kerusakan mobil secara mendetail.

Maka, mekanik harus benar-benar memahami bagaimana langkah atau cara penggunaan scanner mobil yang tepat. Secara rinci, berikut manfaat penting deteksi kerusakan melalui metode scanning mobil.

1. Diagnosa Kerusakan Secara Realtime

Melalui metode scanning maka seluruh sistem yang turut berperan di mobil tak akan lepas dari pantauan scanning. Baik untuk mesin (EFI), transmisi, immobilizer, AC auto hingga beberapa perangkat komputer lainnya yang kondisinya akan terdeteksi secara realtime jika terdapat malfungsi.

Jika seluruh sistem yang ada di mobil tidak menunjukkan adanya masalah maka pada scanner umumnya akan menampilkan pesan “No Trouble Codes” atau sejenisnya.

2. Penghapusan Diagnostics Trouble Codes

Penghapusan DTC melalui scanne, umumnya menunjukkan adanya kondisi sistem EFI akan kembali tereset seperti pada set awal. Hanya saja, jika kerusakan pada komponen sistem EFI tidak mendapat perbaikan secara tuntas otomatis ada kemungkinan DTC yang sama akan muncul kembali. Sehingga akan menyalakan lampu indikator check engine di panel dashboard.

3. Tes Fungsi Komponen

Fungsi alat scanner mobil injeksi selanjutnya adalah untuk melakukan tes komponen (actuator test, initial test, dll). Di mana terletak pada sistem EFI yang memang mendapat support dari scanner tersebut. Sebagaimana halnya untuk mengetahui fungsi kerja injektor saat mesin hidup.

Selain itu, dengan bantuan alat scanner mobil maka kamu bisa melakukan test injektor untuk mengaktifkan atau menonaktifkan kerja injektor per silinder mesin saat mesin hidup. Tentu ini akan sangat mudah untuk mendeteksi permasalahan yang terjadi.

Jika melihat berapa fungsi scanner tools di atas, tentu saja tujuannya tak lain untuk mempermudah kinerja mekanik agar lebih efisien. Khususnya saat melakukan analisa kerusakan pada mobil yang sulit terdeteksi.

Dengan kata lain, karena efektivitas dan fleksibilitasnya maka penggunaan scanning akan sering dibutuhkan. Khususnya di bengkel mobil besar yang secara khusus memang menangani mobil berteknologi injeksi.

Jika kamu punya cita-cita jadi mekanik mobil, tentu harus mengenal secara tepat fungsi scanner mobil injeksi sekaligus cara penggunannya. Salah satunya dengan mengikuti pelatihan atau kursus mekanik mobil yang menyediakan materi lengkap mengenai penggunaan scanner pada mobil.

OJC Auto Course : Kursus Mekanik Mobil dengan Materi Mobil Injeksi Profesional

Lulus akademis atau sekolah otomotif saja tampaknya masih kurang cukup untuk bersaing menja di mekanik mobil. Maka, solusinya kamu harus mengambil langkah akselerasi dengan mengikuti program kursus otomotif mekanik mobil.

Seperti di OJC Auto Course yang sudah berhasil mencetak generasi mekanik handal berkompeten dan profesional di bidang otomotif kendaraan ringan. Khususnya di sektor mobil.

Jika kamu penasaran, kamu bisa berkonsultasi secara GRATIS dengan tim CS OJC Auto Course melalui tombol kontak di bawah ini.