6 Pekerjaan Ideal untuk Fresh Graduate Lulusan Kursus Otomotif

pekerjaan untuk fresh graduate lulusan kursus otomotif

Lulusan kursus otomotif merupakan tenaga teknisi di bidang otomotif yang memang sudah mendapat bekal persiapan di dunia kerja.

Wajar mengingat pembelajaran dan materi yang ada di lembaga pelatihan dan kursus otomotif sudah menyesuaikan dengan kebutuhan industri otomotif saat ini.

Nah, setelah menyelesaikan kursus otomotif dengan sukses, para fresh graduate lulusan di bidang ini memiliki berbagai peluang menarik. Khususnya untuk memulai karier yang sukses.

Tentu saja, dengan tingginya persentase permintaan akan keterampilan otomotif, industri ini menawarkan beragam pekerjaan menarik bagi para lulusan otomotif baru.

Bukan bermaksud membandingkan namun mengikuti pelatihan otomotif, tentu saja akan mendapatkan nilai plus di mata perusahaan otomotif. Karena, memang lulusan tersebut sudah siap untuk langsung kerja.

Pekerjaan yang Cocok untuk Lulusan Kursus Otomotif

Artikel ini akan membahas beberapa pilihan pekerjaan yang cocok untuk fresh graduate lulusan kursus otomotif. Adapun pilihannya sebagai berikut.

Teknisi Otomotif

Sebagai lulusan kursus otomotif, menjadi teknisi otomotif adalah pilihan karier yang paling masuk akal. Sebagai teknisi, kamu akan bertanggung jawab untuk mendiagnosis, memperbaiki, dan melakukan perawatan pada kendaraan bermotor.

Tugas ini mencakup pemeliharaan rutin, perbaikan kendaraan yang rusak, dan pemasangan komponen atau aksesori baru. Pekerjaan ini menuntut keterampilan teknis yang kuat, pengetahuan mendalam tentang mesin, dan kemampuan untuk bekerja dengan berbagai jenis kendaraan.

Spesialis Mesin atau Transmisi

Jika kamu memiliki minat yang mendalam dalam sistem mesin atau transmisi, menjadi spesialis dalam bidang ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Pekerjaan ini memerlukan pemahaman mendalam tentang bagaimana mesin dan transmisi beroperasi, bagaimana mendiagnosis masalah yang kompleks, serta keterampilan untuk memperbaiki atau mengganti komponen yang rusak.

Tentu saja, sebagai spesialis mesin atau transmisi, kamu dan segenap keterampilan serta pengalaman yang kamu miliki akan menjadi aset berharga bagi bengkel atau dealer otomotif.

Inspektur Kendaraan

Sebagai seorang inspektur kendaraan, tanggung jawab kamu adalah memeriksa kendaraan untuk memastikan bahwa mereka memenuhi standar keamanan dan emisi yang ditetapkan oleh pemerintah atau lembaga regulasi lainnya.

Pekerjaan ini sangat penting dalam menjaga keselamatan pengemudi dan lingkungan. Sebagai lulusan kursus otomotif, kamu akan memiliki pemahaman mendalam tentang mekanisme kendaraan, yang akan membantu kamu menjadi seorang inspektur yang efisien dan dapat jadi andalan.

Penjual atau Konsultan Otomotif

Di sisi lain, bila kamu memiliki keahlian komunikasi yang baik dan minat dalam berinteraksi dengan orang-orang, maka pekerjaan sebagai penjual atau konsultan otomotif bisa menjadi pilihan yang menarik.

Sebagai seorang penjual atau konsultan, kamu tentu akan membantu pelanggan memahami berbagai opsi kendaraan. Dengan begitu kamu akan membantu mereka dalam memilih kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran mereka.

Pengetahuan kamu yang khususnya tentang berbagai model dan fitur otomotif akan menjadi aset berharga dalam membantu calon pembeli membuat keputusan yang tepat.

Pelatih atau Instruktur Kursus Otomotif

Jika kamu menikmati berbagi pengetahuan dan keterampilan kamu dengan orang lain, maka pekerjaan sebagai pelatih atau instruktur kursus otomotif bisa menjadi pilihan yang ideal. Sebagai seorang pelatih, kamu dapat bekerja di lembaga pendidikan atau pelatihan otomotif. Sehingga, bisa membantu siswa baru memahami dasar-dasar otomotif, teknik pemeliharaan, dan prosedur perbaikan.

Pekerjaan seperti ini tentu saja akan memberikan kesempatan untuk terus belajar dan mengasah keterampilan kamu. Bahkan, sambil memberikan kontribusi positif bagi generasi muda calon mekanik otomotif.

Jualan Aksesoris Otomotif

Saat belajar di tempat kursus otomotif, biasanya para siswa akan mendapat materi dan pembelajaran mengenai manajemen bisnis di bidang otomotif. Di mana manajemen bisnis ini sebagai alternatif bagi siswa untuk belajar mengembangkan bisnis mereka selain cari kerja.

Salah satu ide yang tepat adalah menjadi reseller aksesoris otomotif. Bisnis seperti ini cukup menguntungkan dan memiliki prospek menjanjikan, khususnya di segmen para modifikator kendaraan.

Kesimpulan

Lulusan kursus otomotif memiliki berbagai pilihan pekerjaan menarik yang dapat dipertimbangkan setelah menyelesaikan pendidikan mereka. Dari menjadi seorang teknisi otomotif hingga menjadi inspektur kendaraan.

Lebih dari itu, bahkan pelatih kursus otomotif, pilihan karier dalam industri otomotif cukup beragam. Pilihlah pekerjaan yang sesuai dengan minat dan keterampilan kamu, dan jadilah bagian dari industri yang terus berkembang dan dinamis ini. Selamat memulai karier yang sukses dalam dunia otomotif!

Ingin belajar lebih mendalam mengenai ilmu otomotif terapan?

Kamu bisa mengikuti kursus otomotif di OJC Auto Course yang hadir sebagai tempat kursus mekanik mobil terpercaya adan bersertifikat resmi.

OJC Auto Course adalah pilihan tepat sebagai alternatif untuk kamu yang ingin mengembangkan ilmu terapan untuk menjadi seorang mekanik mobil handal dan profesional.

OJC Auto Course menawarkan beberapa program kelas yang bisa kamu ambil sesuai kebutuhan. Antara lain :

Program Kelas Otomotif 1 Tahun

Pelatihan Kelas Training Centre

Program Privat Otomotif

Mau tahu lebih banyak informasi tentang kelas atau program kursus otomotif di OJC Auto Course? Kamu bisa langsung hubungi tim CS melalui tombol di bawah ini.