10 Penyebab Kerusakan pada Mesin Mobil

penyebab kerusakan pada mesin mobil

Halo, para calon mekanik mobil dari SMK otomotif! Apakah kalian ingin menggali lebih dalam tentang apa saja penyebab kerusakan pada mesin mobil yang paling sering terjadi?

Memang, mengenali beberapa faktor pemicu kerusakan mobil, terutama di bagian mesin menjadi salah satu aspek penting. Khususnya bagi calon mekanik mobil.

Maka, kamu yang saat ini sedang bersiap menjadi calon mekanik mobil profesional, harus mengenali apa saja penyebab utama dari munculnya berbagai kerusakan umum pada mesin mobil.

Mengapa Mesin Mobil Rentan Terhadap Kerusakan?

Mesin mobil merupakan komponen vital yang memastikan kinerja optimal kendaraan. Namun, seperti halnya organisme hidup, mesin mobil juga rentan terhadap berbagai masalah dan kerusakan.

Maka dari itu, memahami penyebab kerusakan pada mesin mobil adalah langkah penting untuk mempertahankan kinerja mobil sekaligus mencegah masalah yang lebih serius yang mungkin saja terjadi tiba-tiba muncul tanpa sebab.

Jangan khawatir, kami siap membawa kalian ke dalam dunia mesin mobil dan memberikan tips-tips berguna untuk mengatasi masalah-masalah umum yang sering terjadi.

1. Kurangnya Perawatan Rutin

Tahukah kalian bahwa mesin mobil juga membutuhkan perawatan rutin seperti kita manusia?

Jika mesin tidak mendapatkan perawatan yang cukup, seperti penggantian oli yang teratur, itu bisa membuatnya ‘sakit’.

Maka dari itu, selalu pastikan untuk selalu merawat mesin mobil dengan baik!

2. Kualitas Bahan Bakar yang Buruk

Sama seperti kita butuh makanan yang sehat, mesin mobil juga membutuhkan bahan bakar yang berkualitas dan sesuai.

Bahan bakar yang buruk bisa menyebabkan ‘masalah pencernaan’ pada mesin. Oleh karenanya, untuk selalu menggunakan bahan bakar yang tepat dengan kandungan RON yang sesuai mesin untuk menjaga kesehatan mesin mobil.

3. Overheat

Jangan biarkan mesin mobil kalian ‘panas hati’ terlalu lama! Overheat atau panas berlebih sangat berpotensi sekali merusak komponen penting dalam mesin. Pastikan sistem pendingin berfungsi dengan baik dan hindari mengemudi terlalu keras di cuaca panas.

4. Debu dan Kotoran

Apakah kalian tahu bahwa debu dan kotoran juga bisa ‘mengganggu pernapasan’ mesin mobil?

Pastikan untuk membersihkan mesin secara teratur dan ganti filter udara jika diperlukan.

5. Penggunaan Suku Cadang yang Tidak Asli

Jangan biarkan mesin mobil kalian ‘mengidap penyakit palsu’! Gunakan hanya suku cadang asli atau yang terpercaya untuk memastikan kesehatan mesin.

Pemakaian suku cadang (sparepart) original juga sangat efektif untuk mencegah terjadinya kerusakan pada mesin mobil. Mengingat memiliki ukuran yang sudah menyesuiakan dengan prosedur manufactur.

6. Kurang Pelumas

Seperti kita butuh minyak pada sendi-sendi kita, mesin mobil juga membutuhkan pelumas yang cukup. Pastikan untuk menggunakan oli mesin yang tepat dan ganti sesuai jadwal untuk menjaga mesin tetap ‘kenyal’.

7. Sistem Elektrikal yang Bermasalah

Mesin mobil juga memerlukan ‘listrik’ yang baik untuk berfungsi dengan baik. Pastikan untuk memeriksa dan merawat sistem elektrikal secara teratur untuk menghindari ‘konsleting’.

8. Keausan Komponen

Komponen mesin bisa ‘haus’ juga, lho! Perhatikan tanda-tanda keausan seperti suara tidak biasa atau getaran yang aneh dan ganti komponen yang rusak sesuai kebutuhan.

9. Tekanan Ban yang Tidak Tepat

Ban yang tidak memiliki tekanan yang tepat bisa membuat mesin bekerja lebih keras dari yang seharusnya. Pastikan untuk memeriksa tekanan ban secara berkala untuk menjaga kesehatan mesin.

10. Cara Berkendara yang Kasar

Terakhir, tapi tidak kalah pentingnya, hindari berkendara dengan kasar! Akselerasi yang keras atau pengereman mendadak bisa menyebabkan ‘stres’ pada mesin. Berkendara dengan tenang dan hati-hati adalah kunci untuk menjaga mesin tetap sehat.

=====

Memahami penyebab kerusakan pada mesin mobil dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat adalah kunci untuk menjaga kinerja mobil dan mencegah kerusakan yang tidak perlu.

Dengan melakukan pemeliharaan yang rutin dan mengikuti praktik berkendara yang baik, kamu tentu saja dapat memastikan bahwa mesin mobil tetap berjalan dengan baik dalam jangka waktu yang lama.

Ingin Jadi Mekanik Mobil Profesional?

Apakah kamu lulusan SMK Otomotif? Punya keinginan lulus bisa langsung kerja?

Tentu, kamu bisa mewujudkannya sebagai tujuan kamu setelah lulus SMK.

Kamu bisa mewujudkan keinginan kamu sebagai calon mekanik mobil profesional dan bersertifikat dengan mengikuti pelatihan otomotif legal di OJC Auto Course.

Melalui mekanisme pembelajaran 30% teori dan 70% praktek, pastinya kamu akan lebih siap untuk praktek langsung di lapangan sebagai mekanik handal. Khususnya mekanik mobil profesional.

Mau tahu informasi lebih lengkap soal tempat kursus otomotif OJC Auto Course? Tak perlu ragu. Segera hubungi Tim CS Auto Course melalui kontak di bawah ini untuk konsultasi lebih lanjut.