Skill di Bidang Otomotif yang Paling Dibutuhkan

skill di bidang otomotif

Sudah tahu belum? Ternyata tak bisa sembarang asal punya titel lulusan otomotif semata melainkan ada beberapa skill di bidang otomotif yang patut kamu kembangkan. Khususnya kamu yang ingin jadi mekanik handal dan profesional.

Belum lagi dengan kompetitor yang tentunya kamu harus bersaing secara skill ketika hendak masuk di dunia kerja bidang otomotif. Maka, kamu harus punya bekal yang cukup untuk bersaing.

Namun, kamu tak perlu khawatir. Karena, kamu cukup perlu memahami lebih dulu skill apa yang paling dibutuhkan di bidang otomotif. Mengingat, skill tersebut akan menjadi pertimbangan utama saat kamu hendak melamar kerja di perusahaan otomotif.

Lantas, skill apa saja yang paling penting dan perlu untuk diasah untuk bersaing di sektor otomotif?

Keahlian di Bidang Otomotif yang Wajib Kamu Miliki

Adapun beberapa keahlian yang perlu kamu pelajari untuk bisa menjadi mekanik handal yang dipertimbangkan, kamu harus menguasai beberapa skill. Atara lain sebagai berikut.

1. Mampu Menganalisa Kerusakan Kendaraan

Seorang mekanik kendaraan ringan profesional harus memiliki kemampuan dalam melakukan analisa kerusakan pada kendaraan. Khususnya dalam hal ini kendaraan ringan, seperti mobil.

Karena, analisa yang tepat akan memberikan gambaran mengenai kondisi kerusakan kendaraan sehingga nantinya proses perbaikannya pun akan menyesuaikan dengan jenis kerusakan berdasarkan hasil analisa.

Ada beberapa teknik untuk melakukan analisa kerusakan pada kendaraan. Bisa juga dengan scanner yang khusus untuk mobil injeksi sebagai metode yang paling praktis.

2. Eksekusi Perbaikan Kerusakan Kendaraan

Seorang mekanik handal juga wajib memiliki keahlian dalam mengeksekusi kendaraan yang mengalami kerusakan. Tentu saja, perbaikan yang mendasarkan atas hasil riset dan analisa sebelumnya.

Dengan kemampuan perbaikan yang tepat pada kendaraan maka besar kemungkinan kondisi kendaraan yang bermasalah akan kembali normal sebagaimana sebelumnya.

3. Komunikasi yang Responsif

Tak hanya melulu hardskill saja, kemampuan soft skill seperti komunikasi juga wajib kamu kuasai sebagai nilai tambah agar bisa bersaing saat hendak melamar kerja di sektor otomotif.

Kenapa demikian? Alasannya tentu tak lepas dari peran keterampilan komunikasi yang sangat efektif dalam meningkatkan kualitas pelayanan perusahaan. Komunikasi yang ramah dan responsif tentu akan memberikan memberikan feedback positif bagi perusahaan sehingga meningkatkan branding.

4. Kemampuan Negosiasi

Kemudian, soft skill yang perlu kamu kuasai juga yaitu keterampilan dalam hal negosiasi.

Mengapa demikian? Seringkali pelanggan datang ke bengkel dan melakukan diagnosa permasalahan kendaraannya sendiri. Hal ini tentu akan menyulitkan kamu sebagai mekanik. Mengingat biasanya masalah yang kamu temukan lebih rumit dibandingkan hasil diagnosa pelanggan.

Dengan keterampilan negosiasi, kamu bisa mencapai kesepakatan antara bengkel dan pelanggan dengan efektif.

Tingkatkan Skill Otomotif dengan Mengikuti Kursus Mekanik Mobil

Ternyata, tak cukup hanya belajar teoritis dari sekolah saja. Kamu para lulusan SMK Otomotif yang ingin berkecimpung di dunia otomotif, harus mempersipkannya. Adapun salah satu caranya yaitu dengan mengikuti pelatihan mekanik mobil.

OJC Auto Course membuka kelas program kursus otomotif sebagai langkah dalam memperkuat skill di bidang otomotif yang paling kamu perlukan untuk bersaing.

Baca juga : Program Kursus Otomotif Unggulan

Kenapa Memilih Kursus Otomotif OJC Auto Course?

Ada beberapa alasan kenapa OJC Auto Course menjadi pilihan paling tepat untuk mengasah kemampuan skill otomotif.

1. Sebagai Tempat Uji Kompetensi untuk Mendapatkan Sertifikat Profesi

2. Fasilitas Lengkap dan Memadai

3. Tersedia Program/Kelas Kursus dengan berbagai Pilihan

4. Biaya Terjangkau + Tersedia Asrama

Dari berbagai penawaran di atas, tentu saja OJC Auto Course sangat layak untuk Anda pertimbangkan sebagai tempat kursus mekanik mobil terpercaya dan profesional.

Apalagi, kamu yang ingin bercita-cita untuk jadi mekanik mobil handal dengan sertifikat legal. Sehingga, potensi kamu diterima kerja di bengkel mobil ternama atau perusahaan otomotif semakin besar.

Terkait kursus otomotif, ada beberapa program pelatihan otomotif spesialis mekanik mobil yang OJC Auto Course tawarkan. Kamu bisa memilih satu di antara beberapa program kursus tersebut.

Baca juga ; Program Kursus Otomotif OJC Auto Course

====

Sampai di sini, tentu saja kamu sekarang sudah mengenal dan memahami apa saja skill di bidang otomotif yang paling penting dan bisa membuka oeluangmu dalam bersaing di sektor otomotif.

Khusus untuk kamu yang tak ingin menyia-nyiakan peluang menjadi mekanik, kamu bisa perdalam keahlian kamu di bidang mekanik dengan memilih program kursus otomotif OJC Auto Course.

Informasi lebih lanjut, kamu bisa hubungi Tim CS OJC Auto Course melalui tombol WA di bawah ini. FREE KONSULTASI.