30 Sparepart Mobil dan Fungsinya

sparepart mobil dan fungsinya

Pernah dengar istilah sparepart mobil?

Kalau kamu hobi otomotif atau baru lulus dari SMK Otomotif, pasti sudah nggak asing lagi.

Sparepart itu komponen penting dalam sebuah mobil. Tanpa sparepart yang lengkap dan berfungsi baik, mobil nggak akan bisa jalan dengan optimal.

Nah, di dunia otomotif, ada banyak banget jenis sparepart mobil.

Mulai dari yang kecil kayak busi sampai yang besar kayak mesin.

Masing-masing punya peran penting buat performa kendaraan. Kalau kamu paham fungsi dari tiap komponen sparepart, bisa jadi nilai plus buat bisnis atau buat melamar kerja di bengkel.

Makanya, di artikel ini kita bakal bahas 30 sparepart mobil dan fungsinya. Biar kamu makin paham dan bisa lebih percaya diri di dunia otomotif. Yuk, langsung kita mulai!

Macam-Macam Sparepart Mobil dan Fungsinya

Ada banyak sekali daftar spare part mobil.

Buat kamu yang lagi belajar otomotif atau baru lulus dari SMK TKR, wajib banget tahu berbagai sparepart mobil.

Ini dasar yang bakal berguna kalau mau jadi mekanik atau buka usaha bengkel sendiri. Yuk, kita bahas satu per satu!

1. Mesin

Jantungnya mobil. Mesin berfungsi mengubah energi bahan bakar menjadi tenaga untuk menggerakkan kendaraan. Tanpa mesin, mobil cuma jadi pajangan!

2. Alternator

Bertugas menghasilkan listrik buat mengisi aki dan menyuplai daya ke sistem kelistrikan mobil. Kalau alternator rusak, aki bisa tekor, dan mobil bisa mati mendadak.

3. Aki

Sumber listrik utama buat mobil. Aki menyimpan daya untuk menyalakan mesin dan menghidupkan berbagai komponen elektronik, seperti lampu dan audio.

4. Busi

Komponen kecil, tapi penting banget! Busi berfungsi memantik api buat membakar campuran udara dan bahan bakar di dalam mesin. Kalau busi bermasalah, mobil bisa sulit dinyalakan atau jalannya tersendat-sendat.

5. Radiator

Bantu mesin tetap dingin dengan mengalirkan cairan pendingin. Kalau radiator bocor atau tersumbat, mesin bisa overheat dan bikin mobil mogok.

6. Kipas Radiator

Kerja sama dengan radiator buat menjaga suhu mesin tetap stabil. Kipas ini membantu mempercepat proses pendinginan air radiator.

7. Oli Mesin

Fungsinya melumasi komponen di dalam mesin biar nggak cepat aus dan panas. Oli yang bagus juga membantu membersihkan mesin dari kotoran.

8. Filter Oli

Menyaring kotoran dalam oli sebelum bersirkulasi kembali ke mesin. Kalau filter oli kotor, bisa bikin oli nggak bekerja maksimal dan merusak mesin.

9. Filter Udara

Menjaga udara yang masuk ke mesin tetap bersih dari debu dan kotoran. Kalau filter udara kotor, pembakaran di mesin bisa terganggu.

10. Filter Bahan Bakar

Mencegah kotoran atau partikel kecil masuk ke sistem bahan bakar. Ini penting banget supaya pembakaran tetap optimal dan mesin nggak gampang ngadat.

11. Kampas Rem

Bagian dari sistem pengereman yang berfungsi menciptakan gesekan dengan cakram atau tromol agar mobil bisa berhenti. Kampas rem yang aus bikin pengereman kurang pakem.

12. Cakram Rem

Komponen yang bekerja sama dengan kampas rem buat menghentikan roda. Biasanya dipakai di sistem rem cakram.

13. Master Rem

Bagian yang mengubah tekanan dari pedal rem menjadi tekanan hidrolik buat mengaktifkan sistem pengereman.

14. Shockbreaker

Biar mobil nggak mental-mental waktu lewat jalan rusak! Shockbreaker menyerap guncangan dan bikin perjalanan lebih nyaman.

15. Per Keong

Komponen suspensi yang membantu menyerap guncangan dan menjaga kestabilan mobil saat melaju.

16. Tie Rod

Bagian dari sistem kemudi yang menghubungkan setir dengan roda. Kalau tie rod rusak, mobil bisa susah dikendalikan.

17. Ball Joint

Memungkinkan roda depan bergerak naik-turun saat melewati jalan yang nggak rata. Ini juga bagian dari sistem kemudi yang bikin mobil tetap stabil.

18. CV Joint

Komponen penting buat mobil berpenggerak roda depan. CV joint memungkinkan roda berputar dan bergerak fleksibel saat belok atau melewati jalanan bergelombang.

19. Kopling

Komponen di mobil manual yang membantu perpindahan gigi dengan halus. Kopling yang aus bisa bikin mobil sulit digas atau tenaga nggak tersalur maksimal.

20. Kampas Kopling

Bekerja saat kopling ditekan. Kampas kopling berperan dalam menyalurkan tenaga dari mesin ke transmisi. Kalau aus, mobil bakal terasa ngempos.

21. Transmisi

Sistem yang mengatur kecepatan dan tenaga mobil. Ada dua jenis transmisi, manual dan otomatis.

22. Gardan

Menghubungkan tenaga dari transmisi ke roda belakang (untuk mobil penggerak roda belakang). Ini yang bikin mobil bisa jalan dengan lancar.

23. Propeller Shaft

Komponen penghubung antara transmisi dan gardan pada mobil berpenggerak roda belakang.

24. Bearing Roda

Membantu roda berputar dengan lancar dan mengurangi gesekan. Kalau bearing rusak, roda bisa bergetar dan bunyi kasar.

25. Ban

Komponen paling penting karena langsung bersentuhan dengan jalan. Ban yang bagus ngaruh banget ke kenyamanan dan keamanan berkendara.

26. Velg

Selain buat tampilan, velg juga berperan menopang ban dan menjaga kestabilan mobil saat melaju.

27. Power Steering

Bantu pengemudi memutar setir dengan lebih ringan dan nyaman, terutama saat parkir atau berbelok.

28. ECU (Engine Control Unit)

Otak elektronik mobil yang mengontrol berbagai sensor dan aktuator. Tanpa ECU, mobil modern nggak bisa bekerja optimal.

29. Sensor Oksigen

Memantau kadar oksigen dalam gas buang supaya sistem injeksi bahan bakar bisa menyesuaikan campuran udara-bensin dengan lebih efisien.

30. Knalpot

Tempat keluarnya gas buang dari mesin. Knalpot juga berfungsi meredam suara ledakan di dalam silinder supaya mobil nggak berisik.

Mau Jadi Mekanik Pro? Daftar Kelas Kursus Otomotif di OJC Auto Course Solusinya!

Mengetahui berbagai sparepart mobil itu penting, tapi skill praktik juga nggak kalah krusial.

Percuma hafal semua komponen kalau nggak bisa pasang, bongkar, atau perbaiki dengan benar, kan?

Di dunia kerja, bengkel dan industri otomotif lebih butuh mekanik yang terampil, bukan cuma yang paham teori.

apa yang dipelajari di kursus otomotif

Nah, kalau kamu serius ingin jadi mekanik profesional, OJC Auto Course adalah pilihan tempat kursus otomotif yang sangat tepat!

Di sini, kamu nggak cuma belajar teori, tapi juga langsung praktik dengan bimbingan instruktur berpengalaman.

Kurikulumnya lengkap, mulai dari dasar permesinan sampai teknik perbaikan modern yang sesuai standar industri. Bahkan, ada peluang kerja setelah lulus!

Jangan biarkan skill kamu jalan di tempat.

Yuk, tingkatkan kemampuan otomotifmu di OJC Auto Course dan jadi mekanik yang siap terjun ke dunia kerja! Klik di sini untuk konsultasi kelas/program kursusnya!

Mulai Diskusi