Kerusakan yang Sering Terjadi pada Mobil Diesel: Penyebab, Tanda-tanda, dan Solusinya

jenis kerusakan mobil diesel

Mobil diesel merupakan kendaraan yang penggunanya cukup banyak oleh masyarakat saat ini. Mesin diesel pada mobil memiliki keunggulan dalam hal torsi dan efisiensi bahan bakar.

Oleh karenanya, wajar jika mobil bermesin diesel masih sering jadi pilihan bagi banyak orang di tengah serbuan mobil injeksi terbaru yang kini sudah mulai banyak bemunculan.

Namun, seperti halnya kendaraan lainnya, mobil diesel juga rentan mengalami kerusakan. Jika sudah rusak parah maka akan sulit memperbaiki. Belum lagi dengan sedikitnya mekanik spesialis mobil diesel di Indonesia.

Maka, setidaknya kamu perlu tahu apa saja kerusakan umum yang sering terjadi pada mobil diesel. Paling tidak, kamu bisa lebih tahu apa saja penyebab, tanda-tanda, dan solusinya.

Kerusakan pada Mobil Diesel

Ada beberapa bagian atau jenis kerusakan pada mobil diesel yang seringkali muncul. Antara lain meliputi :

Kerusakan pada Sistem Injeksi Bahan Bakar

Sistem injeksi bahan bakar adalah komponen kunci pada mobil diesel. Beberapa kerusakan yang sering terjadi pada sistem ini meliputi penyumbatan pada filter bahan bakar, masalah pada pompa injeksi, atau kebocoran pada saluran bahan bakar.

Tanda-tanda kerusakan pada sistem injeksi bahan bakar antara lain mesin sulit untuk hidup, kehilangan tenaga, atau adanya asap berlebih dari knalpot. Solusi untuk kerusakan ini adalah melakukan perawatan berkala, membersihkan filter bahan bakar secara rutin, serta melakukan pengecekan dan perbaikan pada pompa injeksi jika memang sangat perlu.

Kerusakan pada Sistem Pendingin:

Mobil diesel menggunakan sistem pendingin untuk menjaga suhu mesin agar tetap dalam batas yang aman. Kerusakan pada sistem pendingin dapat disebabkan oleh kebocoran pada radiator, kerusakan pada kipas kipas pendingin, atau masalah pada termostat.

Gejala kerusakan sistem pendingin meliputi peningkatan suhu mesin yang tidak normal, kebocoran cairan pendingin, atau suara berisik dari kipas pendingin. Untuk mengatasi kerusakan ini, periksalah kondisi radiator secara berkala, pastikan terdapat cukup cairan pendingin, dan ganti suku cadang yang rusak.

Kerusakan pada Sistem Pemindah Daya

Sistem pemindah daya pada mobil diesel, seperti kopling atau transmisi, juga dapat mengalami kerusakan. Salah satu kerusakan yang sering terjadi adalah kopling yang aus atau slip.

Tanda-tanda kopling aus meliputi kesulitan dalam perpindahan gigi, bau terbakar pada kopling, atau penurunan performa kendaraan. Untuk mengatasi masalah ini, segera ganti kopling yang aus dan pastikan pengendara mengemudi dengan cara yang tepat agar kopling tidak cepat rusak.

Kerusakan pada Sistem Pembebanan

Sistem pembebanan pada mobil diesel, seperti turbocharger, sering mengalami kerusakan. Kerusakan pada turbocharger dapat disebabkan oleh kotoran yang menghalangi putaran turbin atau kerusakan pada poros turbin.

Gejala adanya kerusakan turbocharger meliputi penurunan tenaga, suara aneh dari turbocharger, atau adanya asap berlebih dari knalpot. Solusi untuk masalah ini adalah melakukan perawatan teratur, menggunakan oli yang sesuai, dan menghindari mematikan mesin secara tiba-tiba setelah perjalanan yang panjang.

Kerusakan pada Sistem Kelistrikan

Mobil diesel juga memiliki sistem kelistrikan yang kompleks. Kerusakan pada sistem kelistrikan dapat menyebabkan masalah pada sistem pengapian, sistem pengisian, atau sistem lainnya.

Indikator dari adanya gejala kerusakan kelistrikan meliputi kesulitan dalam menghidupkan mesin, lampu yang redup, atau kendaraan mati mendadak saat digunakan. Solusi untuk kerusakan kelistrikan adalah memeriksa dan mengganti kabel atau komponen yang menagalami kerusakan. Termasuk juga sekalgus menjaga kebersihan klem aki.

Ahli Mekanik Mobil Diesel, Kemampuan yang Wajib Dimilik Calon Mekanik Masa Kini

Tak memungkiri, banyaknya mobil terbaru yang berteknologi EFI-VVTi memang bersamaan dengan banyaknya jumlah mekanik yang secara spesifik hadir sebagai solusi atas kerusakan mobil injeksi.

Namun justru mobil diesel yang saat ini masih populer di pasaran Indonesia, mekaniknya masih sedikit. Artinya, ada peluang besar bagi para calon mekanik muda yang ingin mengembangkan spesialis mobil diesel.

Apalagi, saat ini permintaan akan seorang montir yang ahli dalam bidang permesinan mobil diesel yang tinggi. Permintaan mekanik spesialis mobil diesel yang tinggi namun jumlahnya yang minim bisa menjadi peluang bagi kamu.

Nah, jika kamu berminat menjadi seorang mekanik mobil diesel maka kamu harus benar-benar memiliki kemampuan analisa kerusakan mobil diesel. Termasuk solusi perbaikan kerusakan tersebut.

Hanya saja, jika kamu merasa masih belum mampu terjun langsung ke lapangan maka kamu bisa mempertajam skill otomotif mu dengan mengikuti kursus mekanik mobil terpercaya.

Seperti di OJC Auto Course yang hadir sebagai salah satu kursus otomotif spesialis mekanik mobil yang bersertifikat kompetensi.

Info lebih lanjut, kamu bisa chat WA bersama Tim CS OJC Auto Course dengan mengetik tombol di bawah ini.